Gema

Mengenal Allah dalam Penderitaan

Baca:Ayub 36-37

Dalam rangkaian perkataan Elihu yang terakhir, Elihu terlalu berani berbicara “demi Allah” (mewakili Allah, 36:2). Walaupun banyak perkataannya yang baik dan benar, pemahaman Elihu terbatas, sehingga rasa percaya diri Elihu terlihat berlebihan. Sekalipun demikian, niat Elihu untuk membela keadilan Allah adalah keinginan yang baik. Di samping tentang keadilan Allah, Elihu mengemukakan bahwa Allah itu perkasa, namun manusia tidak dipandang rendah (36:5). Allah itu mulia dalam kekuasaan-Nya (36:22). Kebesaran Allah sebagai Sang Pencipta alam semesta yang mahakuasa dan mahatahu tak terjangkau oleh pikiran kita (36:26-37:24). Walaupun tuduhan Elihu terhadap Ayub keliru (36:17, 21), ada hal-hal baik yang ia kemukakan tentang orang yang sedang mengalami kesengsaraan. Pertama, ia mengemukakan bahwa Allah akan memberi keadilan kepada orang yang sengsara (36:6). Kata-kata semacam ini adalah kata-kata yang bisa membangun semangat. Kedua, Elihu mengemukakan konsep penderitaan sebagai sarana bagi Allah untuk mendidik umat-Nya (36:8-12, 15). Dalam hal ini, Elihu memperkenalkan Allah sebagai Guru yang luar biasa (36:22).

Saat mengalami penderitaan, penting bagi kita untuk mengenal Allah secara benar. Bila pengenalan kita akan Allah keliru, kita bisa menyalahkan Allah atas penderitaan yang kita alami. Kita harus senantiasa meyakini bahwa Allah adalah Pencipta segala sesuatu yang baik, bukan Pencipta kejahatan atau penderitaan. Kejahatan dan penderitaan bukanlah inisiatif Allah. Bila Allah membiarkan terjadinya kejahatan dan penderitaan, Allah pasti memiliki maksud baik. Kita harus senantiasa mencari tahu maksud baik Allah melalui penderitaan yang kita alami. Jangan sampai kita beranggapan bahwa Allah mengabaikan diri kita. Bila Allah belum bertindak untuk menolong, janganlah kita menganggap Allah tidak mampu menolong. Kita harus mempercayai hikmat Allah yang jauh melampaui kemampuan kita untuk memahami apa yang terjadi atas hidup kita. Bagaimana sikap Anda terhadap Allah saat Anda mengalami penderitaan, baik berupa kegagalan (dalam usaha, pekerjaan, studi, dan sebagainya) maupun kehilangan (kesehatan, keluarga, teman baik, dan sebagainya)? Apakah Anda bisa selalu melihat kebaikan Allah dan Anda dapat mempercayai Allah walaupun belum mengerti mengapa Allah membiarkan Anda mengalami penderitaan? [P]

Pemahaman Kita Belum Utuh!

Bacaan Alkitab hari ini:

Ayub 34-35

Bila ketiga teman Ayub yang lain (Elifas, Bildad, dan Zofar) menuduh Ayub secara membuta (tidak berdasarkan fakta), Elihu menyerang Ayub berdasarkan perkataan Ayub sebelumnya. Dia mengkritik Ayub yang beranggapan bahwa Allah salah karena telah berlaku tidak semestinya terhadap dirinya dan bahwa tidak ada gunanya hidup berkenan kepada Allah (34:5-9). Elihu membela keadilan Allah dengan mengatakan bahwa Allah tidak bisa disebut curang karena Dialah yang menopang kehidupan di bumi ini (34:10-15). Allah adalah Pemegang kekuasaan yang tidak memihak siapa pun (34:16-20). Allah itu mahatahu, sedangkan pengetahuan Ayub amat terbatas (34:21-37). Sayangnya, Elihu juga membuat tuduhan yang berlebihan, yaitu dia mengatakan bahwa Ayub “mencari persekutuan dengan orang-orang yang melakukan kejahatan dan bergaul dengan orang-orang fasik” (34:8). Bila Ayub mengeluh karena penderitaan hebat yang dialaminya, tidak perlu Elihu menuduh bahwa keluhan itu merupakan pengaruh pergaulan dengan orang jahat dan orang fasik (orang yang tidak mempedulikan Tuhan). Walaupun benar bahwa “Ayub berbicara tanpa pengetahuan, dan perkataannya tidak mengandung pengertian” 34:35), tidak tepat bila Elihu mengatakan bahwa Ayub “menjawab seperti orang-orang jahat” (34:36). Perkataan Ayub disebabkan karena penderitaan yang dialaminya, bukan karena pengaruh pergaulan. Selanjutnya, dalam pasal 35, Elihu mencela Ayub yang membenarkan diri di hadapan Allah. karena sesungguhnya kebaikan atau kejahatan manusia tidak mempengaruhi Allah, melainkan mempengaruhi manusia.

Di 35:16, Elihu mengatakan bahwa Ayub berbicara tanpa pengertian. Akan tetapi, sebenarnya, memang seluruh diskusi yang terjadi di antara Ayub dengan semua teman-temannya ini dilakukan tanpa pengertian yang utuh! Elihu pun tidak memiliki pengertian yang utuh! Saat berusaha memahami tentang penderitaan yang dialami manusia, kita harus menyadari bahwa pengertian kita terbatas. Tidak mungkin kita memahami hikmat Allah secara utuh. Yang harus kita lakukan adalah mempercayai bahwa Allah itu baik dan adil walaupun kebaikan dan keadilan Allah itu tidak kita pahami sepenuhnya. Saat Anda mengalami keadaan yang buruk, apakah Anda bisa tetap mempercayai Allah? Saat kita bertemu dengan Tuhan Yesus, barulah semua hal menjadi jelas. [P]

Sikap Bijaksana dalam Berdiskusi

Bacaan Alkitab hari ini:

Ayub 32-33

Elihu adalah seorang yang bijaksana. Dia bersedia mendengarkan diskusi dengan sabar (32;11)—tanpa melakukan interupsi—saat terjadi pembicaraan antara Ayub dan ketiga temannya (Elifas, Bildad, dan Zofar). Elihu berusaha untuk bersikap tidak memihak saat terjadi silang pendapat antara Ayub dan ketiga temannya (32:21-22). Ia marah kepada Ayub karena Ayub menganggap dirinya lebih benar daripada Allah (32:2). Sebaliknya, dia juga marah kepada ketiga sahabat Ayub yang mempersalahkan Ayub secara membuta, tanpa bisa mengemukakan alasan yang tepat (32:3, 12). Sebagai seorang yang paling muda, sikap Elihu sangat tepat: Dia tidak mau menggurui orang-orang yang lebih tua! Dia memperhatikan pembicaraan antara Ayub dengan ketiga temannya sampai pembicaraan tersebut berakhir, sehingga dia bisa menyimpulkan secara tepat (32:4-16). Elihu meyakini bahwa hikmat yang sejati berasal dari Allah (32:8-9, 13). Oleh karena itu, walaupun semula dia ragu-ragu untuk ikut bicara karena dia adalah orang yang paling muda, akhirnya dia memiliki ketetapan hati bahwa dia harus ikut berbicara (32:6-7, 10, 16-20; 33:1-5). Dalam mengemukakan pendapatnya, Elihu memegang beberapa prinsip penting: Pertama,dia berjanji untuk bersikap netral dan berbicara apa adanya (32:21-22; 33:3). Kedua, dia menempatkan dirinya sejajar dengan Ayub yang menjadi lawan bicaranya. Dia berjanji untuk tidak asal menyerang. Bila ternyata bahwa dia salah dan Ayub lebih benar, dia berjanji untuk bersedia mengakuinya (33:6-7, 32). Ketiga, dia mengemukakan bahwa ia telah memperhatikan dengan saksama pembicaran antara Ayub dengan ketiga temannya, sehingga ia bisa merumuskan dengan tepat apa yang menjadi pokok persoalan (33:8-11) dan ia tidak mengulang argumentasi yang telah dikemukakan sebelumnya dalam diskusi tersebut (33:12-30).

Sikap Elihu dalam berdiskusi dengan Ayub yang usianya lebih tua merupakan sikap yang patut dipuji dan dijadikan teladan. Bagaimana sikap Anda saat Anda berdiskusi? Apakah Anda telah membiasakan diri untuk menghargai lawan bicara Anda? Apakah Anda telah membiasakan diri untuk mendengar dengan saksama sebelum mengemukakan pendapat Anda? Apakah Anda bersedia menghindarkan sikap “asal saya menang”, bahkan bersedia mengaku salah bila ternyata bahwa yang benar adalah pendapat lawan diskusi Anda? [P]

Menjaga Kesalehan Hidup

Bacaan Alkitab hari ini:

Ayub 31

Keinginan Ayub untuk membela diri di hadapan Allah tidak boleh ditafsirkan sebagai sikap memberontak kepada Allah. Kita perlu memahami bahwa masyarakat masa itu berkeyakinan bahwa penderitaan merupakan wujud hukuman Allah. Ayub pun juga memiliki pemahaman yang sama. Akan tetapi, karena Ayub tidak merasa bersalah, dia menjadi kebingungan saat dia tertimpa berbagai bencana yang dahsyat. Oleh karena itu, pembelaan diri Ayub harus dipahami sebagai keinginan untuk mencari penjelasan tentang mengapa dia harus mengalami penderitaan. Dalam pasal 31 ini, Ayub mengemukakan bahwa dia tidak bersalah dalam berbagai hal, bukan hanya menyangkut perbuatan, tetapi juga menyangkut pikiran (31:1, 9). Dia bukan hanya mempertahankan kehidupan moral yang bersih, tetapi dia juga melaksanakan kewajiban sosialnya (31:13-22, 31-32). Ayub juga mengemukakan bahwa dia tidak gila harta (21:24-25) dan tidak menyembah ilah lain (matahari, bulan; 31:26-27). Terhadap orang yang bersikap memusuhi pun, Ayub tetap bersikap baik (31:30). Ayub tidak pernah melalaikan tanggung jawabnya (31:38-40).

Tidak mudah bagi kita untuk menemukan orang yang baik dan sungguh-sungguh berusaha menjaga kesucian hidup seperti Ayub. Sekalipun sudah berusaha menempuh kehidupan yang baik, Ayub tetap saja tidak bebas dari kesengsaraan. Oleh karena itu, jelas bahwa penderitaan bisa menimpa siapa saja: orang jahat maupun orang baik, orang miskin maupun orang kaya. Sekalipun demikian, kita tidak boleh menyimpulkan bahwa menempuh kehidupan yang baik itu tidak ada manfaatnya. Bila kita menjalani kehidupan yang baik, berarti bahwa kita sedang mengikuti kehendak Allah, dan kita bisa memiliki keyakinan bahwa Allah bisa memakai peristiwa apa pun (termasuk penderitaan) untuk mendatangkan kebaikan terhadap diri kita (Roma 8:28).

Pada zaman ini, nilai moral masyarakat menjadi semakin kacau. Hal-hal yang pada zaman dulu dianggap tabu sekarang dilakukan secara terang-terangan. Koruptor yang tertangkap tangan pun bisa melambaikan tangan sambil melempar senyum. Dalam situasi semacam ini, orang beriman perlu meneladani Ayub untuk menjalani kehidupan yang baik dan saleh (sesuai dengan kehendak Tuhan). Bila Anda ingin agar hidup Anda diperkenan Tuhan, jangan takut menderita! Apakah Anda berani menentang arus dengan selalu berusaha menjaga kesucian hidup? [P]

Mengingat Maksud Baik Allah

Bacaan Alkitab hari ini:

Ayub 30

Keadaan Ayub yang terpuruk dalam pasal 30 amat kontras dengan keadaan masa jaya yang diuraikan dalam pasal 29. Sebelumnya, Ayub adalah seorang yang memiliki keluarga harmonis, kaya, dan amat terhormat (pasal 29). Akan tetapi, malapetaka membuat dia kehilangan segala-galanya. Dari keadaan amat terhormat, dia menjadi orang yang hina: miskin, diremehkan, dan ditertawakan (pasal 30). Ayub merasa ditinggalkan (diabaikan), bukan hanya oleh orang-orang yang sebelumnya mengelu-elukan dia, tetapi juga oleh Allah (30:20). Bisa dikatakan bahwa malapetaka yang menimpa Ayub membuat dia terhempas dari puncak kejayaan ke keadaan yang paling sengsara. Apa yang terjadi pada diri Ayub itu merupakan realita yang bisa menimpa siapa saja. Ada orang kaya yang bisa menjadi miskin dalam sekejap mata, entah karena terjadi krisis moneter, ditipu, kalah judi, atau karena penyebab lainnya. Ada orang yang mendadak kehilangan orang-orang yang dikasihinya karena terjadi kecelakaan atau bencana alam. Pendek kata, penderitaan seperti yang dialami oleh Ayub itu bisa dialami oleh siapa saja!

Apakah Anda pernah mengalami malapetaka seperti yang dialami oleh Ayub? Bagaimana Anda akan bersikap bila Anda mengalami malapeta? Apakah Anda tetap bisa mempertahankan iman? Sungguh, tidak mudah untuk tetap mempertahankan iman bila kita berada dalam keadaan seperti Ayub. Satu-satunya penghiburan adalah bahwa kita harus mengingat kesengsaraan Tuhan Yesus yang Dia jalani untuk menebus dosa kita. Pengorbanan Tuhan Yesus merupakan jaminan bahwa Allah tetap mengasihi kita. Ingatlah, “Ia, yang tidak menyayangkan Anak-Nya sendiri, tetapi yang menyerahkan-Nya bagi kita semua, bagaimanakah mungkin Ia tidak mengaruniakan segala sesuatu kepada kita bersama-sama dengan Dia?” (Roma 8:32). Kita harus mengingat bahwa Allah senantiasa memiliki rencana yang baik bagi kita di masa depan. Malapetaka pun seringkali dipakai Tuhan untuk mengajarkan hal yang amat penting dalam kehidupan. Misalnya, kehilangan akan menolong kita untuk memahami bahwa Tuhan lebih penting daripada semua hal lain di dunia ini. Setelah malapetaka berakhir, kita akan bisa berkata, “Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.” (Roma 8:28) [P]

Memakai Hikmat dan Akal Budi

Bacaan Alkitab hari ini:

Ayub 28-29

Pembicaraan Ayub dengan Elifas, Bildad, dan Zofar telah berakhir di pasal 27. Di pasal 28, Ayub membicarakan tentang di mana atau bagaimana kita bisa memperoleh hikmat dan akal budi atau pengertian (28:12, 20). Hikmat dan akal budi adalah kunci untuk menghadapi masalah penderitaan. Hikmat dan akal budi berbeda dengan barang. Kita bisa mencari tempat yang tepat untuk bisa memperoleh emas, perak, atau batu permata, tetapi kita tidak bisa menemukan tempat tertentu yang menyediakan hikmat dan akal budi. Hikmat dan akal budi hanya dimiliki oleh orang yang hidup dalam takut akan Allah dan menjauhi kejahatan. Ayub adalah seorang yang takut akan Allah dan menjauhi kejahatan (1:1). Orang yang takut akan Allah adalah orang yang selalu berusaha melakukan kehendak Allah karena dia tidak mau menyakiti hati Allah. Karea kehendak Allah selalu baik, maka orang yang memiliki hikmat pastilah menjauhi kejahatan. Penerapan hikmat dan akal budi ini nampak jelas dalam pengalaman hidup Ayub yang diuraikan dalam pasal 29. Oleh karena itu, wajar bila Ayub merasa kesal saat ketiga temannya menuduh Ayub sebagai seorang fasik (orang yang tidak mempedulikan kehendak Allah) yang dihukum Allah karena melakukan kejahatan.

Bila benar bahwa Ayub adalah seorang yang hidup dalam takut akan Allah dan menjauhi kejahatan, mengapa Ayub harus menderita sengsara? Pertanyaan semacam ini bukan hanya pertanyaan Ayub, melainkan juga pertanyaan banyak orang beriman di sepanjang zaman. Adanya orang benar yang menderita merupakan kenyataan yang harus diakui! Jawaban atas pertanyaan itu adalah bahwa penderitaan orang beriman bersifat sementara. Penderitaan bukanlah akhir dalam riwayat hidup seorang yang sungguh-sungguh hidup dalam takut akan Allah. Allah selalu memiliki rencana yang positif bagi setiap orang beriman. Setelah penderitaan berakhir, penghiburan dan sukacita akan menyongsong, di dunia saat ini atau di dunia yang akan datang.

Bagaimana sikap Anda saat Anda mengalami bencana, kegagalan, kehilangan, dan hal-hal lain yang bersifat negatif? Apakah Anda telah membiasakan diri untuk memandang penderitaan itu sebagai hanya bersifat sementara karena kita memiliki pengharapan yang menyangkut kehidupan di masa depan? Ingatlah selalu bahwa rancangan Allah selalu menyangkut kebaikan bagi orang beriman. [P]

Nasihat yang Tidak Tepat Sasaran

Bacaan Alkitab hari ini:

Ayub 25-27

Pandangan Bildad tentang kekuasaan dan kedahsyatan Allah yang kontras dengan kehinaan manusia (pasal 25) itu benar adanya. Ayub pun tidak menyangkal hal itu (26:3). Ayub paham tentang keagungan Allah, bahkan Ayub menyadari bahwa pemahamannya tentang keagungan Allah belum tuntas (26:5-14). Bisa dikatakan bahwa nasihat Bildad itu salah alamat, sehingga nasihat itu tidak berguna. Yang menjadi lubang dalam pemahaman Bildad adalah bahwa Bildad tidak membicarakan (atau tidak tahu) bahwa Allah yang agung itu adalah Allah yang menghargai manusia yang hina (Bandingkan dengan Mazmur 8, terutama 8:5). Perkataan Ayub bahwa Allah “tidak memberi keadilan” dan “memedihkan hati” (27:2) harus dipandang sebagai keluhan yang didasarkan pada ketidakpahaman atas kesengsaraan yang menimpa dirinya, bukan sikap memberontak kepada Allah. Sekalipun mengalami kesengsaraan, Ayub tetap berusaha mempertahankan kesalehan hidupnya (27:2-6). Penjelasan Ayub tentang nasib buruk orang fasik (27:7-23) menunjukkan bahwa Ayub tidak menyangkal kemungkinan bahwa Allah menghukum orang fasik. Yang dilawan Ayub adalah pandangan bahwa orang yang mengalami kesengsaraan pasti merupakan orang yang telah melakukan dosa atau kejahatan.

Memberi nasihat yang baik kepada orang lain merupakan tindakan terpuji. Akan tetapi, nasihat yang baik saja belum memadai! Bila hendak memberi nasihat, nasihat kita bukan hanya harus benar isinya, tetapi juga harus tepat sasaran. Sebagian perkataan teman-teman Ayub merupakan pernyataan yang benar. Akan tetapi, saat dilontarkan kepada Ayub, pernyataan itu salah sasaran karena penerapannya tidak cocok. Akar masalahnya jelas: Teman-teman Ayub tidak mau menyimak penjelasan Ayub dengan sikap terbuka, melainkan mereka hendak memaksakan pendapat atau keyakinan mereka pada diri Ayub!

Apakah Anda sering memberi nasihat kepada orang lain? Sebelum memberi nasihat, apakah Anda sudah benar-benar berusaha memahami persoalan yang sedang dihadapi oleh orang yang hendak Anda nasihati? Ingatlah bahwa nasihat yang berguna bukan nasihat yang sekedar isinya benar, melainkan nasihat yang tepat dengan kondisi yang sedang dihadapi. Nasihat yang tidak tepat bukan hanya tidak berguna, melainkan bisa melukai hati orang yang hendak Anda beri nasihat. [P]

Memahami Kepedulian Allah

Bacaan Alkitab hari ini:

Ayub 23-24

Terhadap tuduhan Elifas yang penuh fantasi, Ayub tidak menanggapi. Tetapi Ayub menjawab, “Aku meronta dan mengeluh terhadap Allah; tak dapat aku menahan keluh kesah.” (23:1-2, Alkitab Bahasa Indonesia Sehari-hari). Ayub ingin menjumpai Allah guna menyampaikan pembelaan diri terhadap berbagai tuduhan yang ditujukan kepada dirinya. Dia meyakini bahwa Allah pasti akan berlaku adil karena ia telah berlaku jujur dan taat kepada Allah (23:3-12). Akan tetapi, keyakinan ini bercampur dengan kebingungan karena dia menyaksikan keberuntungan orang-orang yang telah berlaku jahat dan kesengsaraan orang-orang yang hidupnya tidak beruntung (pasal 24). Kebingungan Ayub terjadi karena dia sendiri sedang mengalami penderitaan hebat dan dia merasa bahwa Allah tidak peduli (bandingkan misalnya dengan 24:12).

Kesulitan Ayub untuk memahami kepedulian Allah merupakan hal yang wajar karena Ayub—seperti kita juga—memiliki pemahaman yang sangat terbatas. Ayub tidak mengerti tentang adanya pembicaraan antara Iblis dengan Tuhan dalam pasal 1-2. Dia juga belum memahami rancangan Tuhan terhadap dirinya secara menyeluruh. Pengenalan Ayub tentang Allah belum sempurna (masih dalam proses). Saat kita membaca kisah Ayub ini, kita bisa langsung membaca latar belakang kisah Ayub (pasal 1-2)—yang tidak diketahui oleh Ayub—serta akhir kisah Ayub yang bahagia (pasal 42). Karena kita memahami keseluruhan kisah Ayub, dengan yakin kita bisa mengatakan bahwa sesungguhnya Allah peduli terhadap kehidupan kita, tetapi kita belum memahami kepedulian Allah itu secara utuh. Saat kita mengalami penderitaan, kita perlu meyakini—dengan iman—perkataan yang dicatat oleh Nabi Yeremia, “Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.” (Yeremia 29:11).

Saat Anda menderita atau saat Anda melihat penderitaan pada diri orang lain, apakah Anda tetap meyakini bahwa Allah memedulikan umat-Nya? Tanpa keyakinan akan kepedulian Allah, kita akan menjadi pesimis dan penderitaan akan terasa amat berat. Sebaliknya, keyakinan akan kepedulian Allah akan membangkitkan pengharapan dan semangat juang di dalam hidup kita! [P]

Fantasi yang Tak Terkendali

Bacaan Alkitab hari ini:

Ayub 22

Elifas terlalu yakin bahwa dirinya benar! Dia membiarkan pikirannya berkembang secara liar, sehingga ia berfantasi tentang dosa yang telah dilakukan Ayub yang membuat Ayub mengalami hukuman berupa penderitaan yang dahsyat (22:10-11). Elifas menuduh Ayub melakukan banyak kejahatan, yaitu menerima gadai dan merampas pakaian orang miskin, tidak mau menolong orang yang kelaparan dan kehausan, merampas tanah orang yang lemah, tidak memiliki belas kasihan terhadap para janda dan yatim piatu (22:5-9). Elifas juga menuduh bahwa Ayub telah melecehkan Allah dan meniru perbuatan orang-orang jahat (22:12-17). Semua tuduhan Elifas ini adalah tuduhan yang berdasarkan fantasinya tentang Ayub, bukan berdasarkan fakta.l Oleh karena itu, walaupun nasihat yang diberikan oleh Elifas nampaknya baik dan benar (22:21-30), nasihatnya hanyalah omong kosong yang tidak berguna karena tidak relevan dengan kondisi Ayub.

Kita harus selalu menyadari bahwa sebagai manusia biasa, diri kita terbatas! Kita tidak bisa melihat apa yang tidak kita lihat dan dugaan kita tentang hal-hal yang tidak kita lihat bisa keliru, bahkan penafsiran kita terhadap apa yang kita lihat pun bisa salah. Sadarilah bahwa setiap orang berbeda. Hal-hal seperti penyebab datangnya penyakit, penyebab kegagalan, dan penyebab kemiskinan pada banyak orang bisa berbeda-beda. Oleh karena itu, membiarkan pikiran kita berfantasi tentang hal-hal yang tidak benar-benar kita ketahui merupakan sesuatu yang konyol (tidak berguna, sia-sia). Lebih baik kita mengaku “tidak tahu” daripada kita “sok tahu” (berlagak tahu, padahal sebenarnya kita tidak tahu).

Tahukah Anda bahwa vonis hakim pun bisa salah, sehingga ada sistem “banding” yang disediakan bagi seorang yang telah divonis bersalah oleh pengadilan? Tahukah Anda bahwa ada banyak perceraian yang terjadi karena si penggugat meyakini informasi yang keliru tentang pasangannya? Pernahkah Anda menuduh seseorang telah melakukan ini atau itu dan kemudian ternyata bahwa tuduhan Anda itu salah? Kita harus sangat berhati-hati bila hendak menafsirkan sesuatu yang tidak kita lihat sendiri atau sesuatu yang tidak kita alami sendiri. Jangan cepat memberi nasihat, apa lagi melontarkan tuduhan, sebelum kita memahami masalah secara jelas. Ingatlah selalu bahwa bila kita melakukan “salah tuduh”, akibatnya bisa fatal bagi diri kita dan bagi orang lain! [P]

Menghibur Tanpa Menghina

Bacaan Alkitab hari ini:

Ayub 21

Kekesalan Ayub terhadap perkataan Zofar dalam pasal 20 terlihat dari jawaban Ayub, “Izinkanlah aku ganti bicara, setelah itu boleh lagi kamu menghina!” (BIS 21:2). Jelas bahwa Ayub memandang nasihat Zofar dan kawan-kawannya—yang menganggap Ayub sebagai orang fasik—sebagai penghinaan. Dalam jawabannya, Ayub juga menguraikan tentang orang fasik, tetapi dari sisi lain, yaitu bahwa ada orang fasik yang sukses dan bahagia (21:7-13). Tanda bahwa seseorang tergolong sebagai orang fasik atau bukan tidak terletak pada kesuksesan atau kegagalannya, melainkan pada sikapnya terhadap Allah. Orang fasik adalah orang yang meninggalkan (mengabaikan) Allah karena mereka tidak merasa memerlukan Allah, dan Ayub dengan tegas mengatakan bahwa dia tidak demikian! (21:14-16). Bila perkataan Ayub tentang orang fasik dibandingkan dengan pendapat teman-temannya, jelas bahwa Ayub lebih objektif (apa adanya). Ayub tidak sekadar menentang pendapat teman-temannya karena Ayub juga mengakui kemungkinan bahwa orang berdosa (orang fasik) bisa langsung mendapat hukuman Tuhan (21:17-21). Ayub mengemukakan bahwa ada orang fasik yang mati dalam keadaan bahagia, tetapi ada pula orang fasik yang mati dalam keadaan menderita (21:23-24). Karena pendapat teman-teman Ayub tidak sesuai dengan kenyataan dan menimbulkan kesan dipaksakan agar bisa dipakai untuk menyerang, maka nasihat teman-teman Ayub itu tidak menghasilkan penghiburan (21:34).

Bila Anda ingin menjadi berkat, jangan memaksakan pendapat Anda (tanpa mempertimbangkan fakta). Jangan menempatkan diri Anda dalam posisi lebih tinggi (lebih benar, lebih pandai, lebih bijaksana) daripada orang yang hendak Anda hibur. Kita harus memberi nasihat dalam posisi sebagai seorang teman atau seorang saudara yang meluap dengan kasih. Ingatlah kembali pengalaman Anda saat Anda berusaha menghibur keluarga atau teman Anda! Saat Anda hendak menghibur, apakah Anda mempertimbangkan perasaan orang yang Anda hibur? Apakah orang yang Anda hibur menyambut penghiburan yang Anda berikan dengan sukacita? Bila penghiburan yang Anda berikan membuat orang yang hendak Anda hibur menjadi tersinggung, sebaiknya Anda diam, lalu Anda mengevaluasi kembali sikap Anda terhadap orang yang hendak Anda hibur! [P]