GKY Sydney - Gereja Indonesia di Sydney yang Mulia dan Misioner

Gereja Kristus Yesus di Sydney AustraliaTransformational Church ~ Transforming people to transform the world (2 Kor 3:18)

Navigation

Tidak Mau Bertobat Adalah Kebodohan

Bacaan Alkitab hari ini: Yesaya 9:7-10:4

Ada orang berdosa yang sadar akan keberdosaannya, lalu bertobat dan merendahkan diri di hadapan Tuhan, tetapi ada pula orang berdosa yang tidak mau menyadari keberdosaannya, bahkan tetap menyombongkan diri dan tidak mau me- rendahkan diri di hadapan Tuhan. Semua raja Kerajaan Israel Utara adalah raja yang jahat, sehingga bangsa Israel Utaralah yang lebih dulu menerima hukuman Tuhan. Hukuman mula- mula dijatuhkan terhadap para pemimpin dan para nabi palsu. Mereka dihukum lebih dulu karena mereka mengabaikan tang- gung jawab mereka untuk memimpin bangsa Israel agar se- tia kepada Tuhan, bahkan mereka menyesatkan bangsa Israel. Semula Allah hanya memakai bangsa Aram dan bangsa Filistin untuk menghukum umat Israel (9:10-11), tetapi Allah selalu menolong umat-Nya bila mereka berseru kepada-Nya. Sayang, bangsa Israel tidak pernah sunguh-sungguh bertobat.

Hukuman adalah tanda kasih Tuhan terhadap umat- Nya. Orang yang dewasa secara rohani mampu melihat kebaikan dibalik hukuman, tetapi orang yang bersikap kekanak-kanakan hanya melihat bahwa hukuman itu tidak menyenangkan dan tidak dapat melihat kebaikan yang terkandung dalam hukuman. Bangsa Israel adalah bangsa yang keras kepala yang tidak pernah sungguh-sungguh sadar bahwa Allah mengasihi mereka dan selalu memberikan yang terbaik bagi mereka. Pada masa kini pun, hukuman Tuhan selalu bertujuan positif (memperbaiki diri kita). Apakah Anda telah membiasakan diri untuk belajar dari hal-hal negatif (hu- kuman atau penderitaan) yang Anda alami, sehingga kehidup- an Anda semakin hari menjadi semakin berkenan di hadapan Tuhan? [P]

Yesaya 9:12-13

“Tetapi bangsa itu tidak kembali kepada Dia yang menghajarnya, dan mereka tidak mencari TUHAN semesta alam. Maka TUHAN mengerat dari Israel kepala dan ekor, batang dan ranting pada satu hari juga.”