GKY Sydney - Gereja Indonesia di Sydney yang Mulia dan Misioner

Gereja Kristus Yesus di Sydney AustraliaTransformational Church ~ Transforming people to transform the world (2 Kor 3:18)

Navigation

Bahaya Kesombongan Rohani

Bacaan Alkitab hari ini: Yesaya 10:5-34

Bangsa Asyur adalah bangsa yang dipakai Tuhan untuk meng- hukum umat Israel Utara yang tidak mau bertobat dari dosa dan kesombongannya. Sayangnya, mereka tidak sadar bahwa

mereka hanyalah alat di tangan Tuhan. Bila Allah tidak bermaksud memakai mereka, mereka tidak dapat berbuat apa-apa. Selanjutnya, mereka menjadi sombong! Mereka mengira bah- wa diri mereka hebat serta mengira bahwa patung-patung yang mereka sembah lebih hebat daripada Allah Israel! Mereka tidak sadar bahwa mereka jaya karena dipakai oleh Sang Penguasa Sejati, yaitu Allah Israel! Setelah mereka dipakai menjadi alat di tangan Allah untuk menghukum umat Allah, akan datang giliran mereka untuk dihukum oleh Allah. Tidak semestinya mereka bersikap sombong!

Allah bisa memakai siapa saja untuk menjadi alat- Nya. Allah bisa memakai Nabi Yunus yang berani membang- kang terhadap perintah Allah untuk membuat bangsa Niniwe yang jahat itu bertobat. Allah bahkan bisa memakai Yudas Is- kariot, sang pengkhianat, untuk membuat rencana penebus- an melalui pengorbanan Tuhan Yesus terlaksana. Pada zaman ini, Allah masih tetap bisa memakai berbagai cara (termasuk kesaksian, khotbah, pelayanan kasih, dan sebagainya) untuk membuat rencana-Nya terlaksana. Bila Anda pernah dipakai Allah untuk melaksanakan rencana-Nya, hati-hatilah agar Anda tidak jatuh ke dalam dosa kesombongan. Sadarilah bahwa Anda hanyalah alat di tangan Sang Penguasa Sejati, yaitu Allah yang Mahakuasa. Bila Allah mau memakai kita, kita harus bersyukur, bukan menjadi sombong! Apakah Anda sadar bahwa Allah bisa memakai siapa saja—termasuk Anda—untuk menjadi alat-Nya? [P]

Yesaya 10:12

 

“Tetapi apabila Tuhan telah menyelesaikan segala pekerjaan-Nya di gunung Sion dan di Yerusalem, maka Ia akan menghukum perbuatan ketinggian hati raja Asyur dan sikapnya yang angkuh sombong. "