GKY Sydney - Gereja Indonesia di Sydney yang Mulia dan Misioner

Gereja Kristus Yesus di Sydney AustraliaTransformational Church ~ Transforming people to transform the world (2 Kor 3:18)

Navigation

Iman & Ahli Taurat: Pemimpin Agama yang Tidak Peduli

Bacaan Alkitab hari ini: Matius 2:1-6

Imam dan ahli Taurat sangat memahami Kitab Suci. Ketika di- tanya Herodes tentang tempat kelahiran Mesias, mereka lang- sung menjawab dengan tepat, bukan hanya tempat kelahiran-

Nya, tetapi juga pekerjaan-Nya (2:6). Ironisnya, pengetahuan yang kaya tersebut tidak mengubah hati mereka. Kegemparan kota Yerusalem karena pertanyaan para majus tentang kelahir- an raja orang Yahudi (2:2-3) dan pertanyaan raja Herodes tentang tempat Mesias dilahirkan (2:5) tidak mampu menyadarkan mereka akan kemungkinan lahirnya Mesias. Seharusnya berita tersebut mendorong mereka untuk memeriksa kota Betlehem yang hanya berjarak sekitar 10 km dari Yerusalem.

Sikap hati yang tidak peduli menyebabkan para pemimpin agama Yahudi kehilangan dua kesempatan yang tak ternilai: Pertama, kesempatan melayani bayi Mesias. Ini merupakan kesempatan sangat langka yang hanya dimiliki oleh mereka yang hidup pada zaman itu dan memiliki pengetahuan tentang Mesias. Kedua, kesempatan menjadi pewarta kelahiran Mesias kepada bangsa Israel. Sebagai pemimpin agama yang sangat dihormati bangsa Yahudi, apa yang mereka wartakan akan diterima masyarakat luas. Sayangnya, mereka menyia-nyiakan dua kesempatan emas tersebut.

Kesalahan para pemimpin agama Yahudi menjadi pelajaran dan peringatan bagi kita. Sebagai orang percaya, kita memiliki pengetahuan yang tidak sedikit tentang fakta dan makna kelahiran Yesus ke dunia. Namun, seberapa besarkah pengetahuan itu mengubah kehidupan kita sehingga kita berbeda dengan orang yang belum percaya? Seberapa besarkah semangat kita memanfaatkan kesempatan Natal untuk menceritakan kasih dan kuasa Yesus kepada orang-orang di sekitar kita? [TF]

Filipi 1:20-21

“Sebab yang sangat kurindukan dan kuharapkan ialah bahwa aku

dalam segala hal tidak akan beroleh malu, ..., Kristus dengan nyata dimuliakan di dalam tubuhku, baik oleh hidupku, maupun oleh matiku. Karena bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan.”

 

Rekaman Khotbah Terbaru