GKY Sydney - Gereja di Sydney yang Mulia dan Misioner

Gereja Kristus Yesus di Sydney AustraliaTransformational Church ~ Transforming people to transform the world (2 Kor 3:18)

Navigation

Tanggung Jawab Orang Kristen

Apakah anugerah Allah yang diterima seorang Kristen membuat ia menjadi bersikap tidak peduli dan tidak bertanggung jawab? Seharusnya tidak! Seorang yang memahami anugerah Allah akan hidup dengan penuh rasa syukur karena ia sadar bahwa seharusnya ia mengalami hukuman Allah. Bagi orang yang normal, rasa syukur pasti akan membuat seseorang berusaha membalas kasih Allah dengan melakukan kehendak-Nya. Oleh karena itu, sesudah membahas tentang anugerah Allah yang membuat seseorang dibenarkan di hadapan Allah, Rasul Paulus membahas tentang tanggung jawab orang yang sudah dibenarkan di hadapan Allah, baik terhadap lembaga-lembaga yang memiliki otoritas terhadap dirinya (13:7) maupun terhadap sesama manusia (13:8-10) dan terhadap diri sendiri (13:13).

Lembaga-lembaga yang memiliki otoritas terhadap diri kita (pemerintah, orang tua, guru, dan sebagainya) ada atas seizin Allah, bahkan bisa dikatakan sebagai "ditetapkan" oleh Allah (13:1). Dalam konteks abad pertama, pemerintah Romawi adalah pemerintah kafir yang korup, hedonis (mementingkan kesenangan duniawi), dan amoral. Oleh karena itu, tidak bisa dibenarkan bila seorang Kristen tidak bersedia membayar pajak karena para pejabat bersifat korup, atau kita tidak bersedia menghargai orang tua maupun guru karena mereka tidak patut menjadi teladan. Penghargaan kita haruslah didasarkan pada ketaatan kita terhadap kehendak Allah. Terhadap sesama manusia, tanggung jawab yang paling mendasar adalah mengasihi sesama secara aktif seperti mengasihi diri sendiri. Di samping itu, kita harus menanggalkan gaya hidup yang lama dan menjalani kehidupan yang kudus yang bisa menjadi teladan bagi dunia yang berdosa ini. [P]

Roma 13:1
"Tiap-tiap orang harus takluk kepada pemerintah yang di atasnya, sebab tidak ada pemerintah, yang tidak berasal dari Allah; dan pemerintah-pemerintah yang ada, ditetapkan oleh Allah."