GKY Sydney - Gereja di Sydney yang Mulia dan Misioner

Gereja Kristus Yesus di Sydney AustraliaTransformational Church ~ Transforming people to transform the world (2 Kor 3:18)

Navigation

Pemimpin yang Disiapkan

Ada tiga macam pemimpin baru, yaitu pemimpin yang menang dalam kompetisi, pemimpin yang dicari, dan pemimpin yang disiapkan. Adanya tiga macam pemimpin baru di atas dilandasi oleh tiga macam pemikiran. Adanya pemimpin baru yang memenangkan kompetisi dilandasi oleh pemikiran bahwa kepemimpinan itu merupakan jabatan bergengsi yang harus diperebutkan. Adanya pemimpin baru yang dicari dilandasi oleh pemikiran bahwa kemampuan memimpin merupakan kemampuan bawaan sejak lahir sehingga orang yang mampu memimpin harus dicari. Adanya pemimpin baru yang disiapkan dilandasi oleh pemikiran bahwa kemampuan memimpin merupakan hasil latihan atau hasil belajar.

Yosua adalah pemimpin baru jenis ketiga, yaitu pemimpin baru yang disiapkan oleh Musa. Perhatikanlah bahwa saat menyampaikan berbagai pesan kepada bangsa Israel dalam kitab Ulangan, Musa menyampaikan pengumuman bahwa Yosua akan menggantikan dirinya menjadi pemimpin Israel (Ulangan 31:1-8). Kesediaan Musa untuk menyampaikan dukungan kepada Yosua ini (34:9) ini menunjukkan bahwa Musa bersikap legowo (besar hati) untuk menyerahkan posisinya sebagai pemimpin bangsa Israel kepada Yosua. Dari satu sisi, sikap legowo seperti yang didemonstrasikan oleh Musa ini tidak mudah bila kita mengingat bahwa Musa telah memegang posisi sebagai pemimpin selama hampir empat puluh tahun dan bahwa Musa sangat ingin memasuki Tanah Perjanjian (Tanah Kanaan). Dari sisi lain, sikap legowo Musa telah memuluskan jalan bagi Yosua untuk bisa menjadi pemimpin yang diterima oleh bangsa Israel (Ulangan 34:9; Yosua 1:16-18). [P]

Yosua 1:16-17
Lalu mereka menjawab Yosua, katanya: "Segala yang kauperintahkan kepada kami akan kami lakukan dan ke mana pun kami akan kausuruh, kami akan pergi; sama seperti kami mendengarkan perintah Musa, demikianlah kami akan mendengarkan perintahmu. Hanya, TUHAN, Allahmu, kiranya menyertai engkau, seperti Ia menyertai Musa."