GKY Sydney - Gereja Indonesia di Sydney yang Mulia dan Misioner

Gereja Kristus Yesus di Sydney AustraliaTransformational Church ~ Transforming people to transform the world (2 Kor 3:18)

Navigation

Merendah & Menundukkan Diri

Saat merenungkan bacaan Alkitab hari ini, bayangkan perasaan Yusuf dan Maria. Mereka telah membesarkan Tuhan Yesus selama dua belas tahun. Setiap hari mereka melihat Tuhan Yesus bertambah besar, baik kekuatan fisik-Nya, pengertian-Nya, maupun hikmat-Nya. Sebagai orang tua yang mengasihi Tuhan Yesus, bisa kita bayangkan betapa paniknya mereka saat sadar bahwa Tuhan Yesus tidak ikut dalam rombongan yang berjalan meninggalkan Yerusalem dan betapa kalutnya pikiran mereka saat mencari-cari Tuhan Yesus selama tiga hari. Kepanikan itu berubah menjadi keterkejutan saat mereka menemukan Tuhan Yesus bersoal jawab dengan para alim ulama di Bait Allah (2:46-47). Keterkejutan itu berubah lagi menjadi kebingungan saat mereka mendengar alasan Tuhan Yesus tidak ikut pulang bersama dengan rombongan orang tuanya (2:48-49). Jawaban Tuhan Yesus itu menunjukkan bahwa walaupun Dia dibesarkan oleh Yusuf dan Maria, Dia adalah Raja yang kekal yang memiliki kehendak bebas, tidak tergantung dari kedua orang tuanya (1:33). Yusuf dan Maria harus selalu merendah dan menundukkan diri di bawah kehendak Tuhan Yesus, Sang Raja yang berdaulat.

Setelah hari Natal berakhir, kita akan menjalani kehidupan rutin. Dalam kehidupan sehari-hari, kita harus selalu menyadari bahwa Tuhan Allah berdaulat penuh atas hidup kita. Sama seperti apa yang dialami oleh Yusuf dan Maria, kita harus selalu merendah dan menundukkan diri di bawah kehendak-Nya, padahal secara alamiah kita cenderung untuk melakukan kemauan kita sendiri. Kita harus menyadari bahwa seorang Kristen yang dewasa secara rohani akan secara sadar dan sengaja menundukkan kemauannya di bawah kehendak Allah. Dengan anugerah Allah, marilah kita senantiasa belajar merendahkan dan menundukkan diri kita. [ECW]

1 Petrus 5:6
"Karena itu rendahkanlah dirimu di bawah tangan Tuhan yang kuat, supaya kamu ditinggikan-Nya pada waktunya."