GKY Sydney - Gereja Indonesia di Sydney yang Mulia dan Misioner

Gereja Kristus Yesus di Sydney AustraliaTransformational Church ~ Transforming people to transform the world (2 Kor 3:18)

Navigation

Merdeka!

Seorang yang percaya akan sungguh-sungguh dimerdekakan jika ia berpusat pada kasih kepada Kristus, bukan kepada kepatuhan akan Hukum Taurat. Mulai pasal 5 ini, Paulus beralih dari pembahasan tentang doktrin kepada pembahasan tentang hal-hal praktis. Bagi Rasul Paulus, teologi tidak akan berguna kalau tidak dipraktekkan dalam kehidupan nyata. Pada bagian ini, Paulus mengingatkan bahwa kuasa Hukum Taurat benar-benar telah berakhir bagi mereka yang percaya. Saat ini, kuasa anugerah akan dimulai dengan hidup yang berpusat pada kasih Kristus. Hal ini berarti bahwa kita yang telah dimerdekakan oleh Kristus tidak lagi berada di bawah perhambaan hukum Taurat (5:1-12). Untuk kehidupan kita sekarang, kita membutuhkan seorang Pribadi yang menuntun kita, yaitu Roh Kudus yang memampukan kita untuk hidup dalam anugerah Allah (5:13-26). Pada bagian ini, Paulus menjelaskan mengenai tiga macam pelayanan Roh Kudus yang memungkinkan orang percaya menikmati kemerdekaan dalam Kristus: Pertama, Roh Kudus memungkinkan kita menggenapi Hukum Kasih (5:13-15). Kedua, Roh Kudus memungkinkan kita mengalahkan daging (5:16-21, 24). Ketiga, Roh Kudus memungkinkan kita menghasilkan buah (5:22-23, 25-26).

Atas dasar keyakinan dan pengalamannya, Paulus bersaksi bahwa orang percaya yang mati dan bangkit bersama Kristus akan menanggalkan kehidupan lamanya dan akan menghasilkan buah Roh yang indah dan manis yang menandakan perubahan kehidupannya. Sekarang kita telah benar-benar menjadi orang yang merdeka, tapi kita bukan merdeka untuk bebas melakukan dosa, tetapi merdeka untuk tidak berbuat dosa berdasarkan anugerah Allah. [MS]

Galatia 5:1
"Supaya kita sungguh-sungguh merdeka, Kristus telah memerdekakan kita. Karena itu berdirilah teguh dan jangan mau lagi dikenakan kuk perhambaan. "