GKY Sydney - Gereja Indonesia di Sydney yang Mulia dan Misioner

Gereja Kristus Yesus di Sydney AustraliaTransformational Church ~ Transforming people to transform the world (2 Kor 3:18)

Navigation

Menghitung Hari dan Hati yang Bijaksana

Saat jam dinding kita berdenting dua belas kali malam ini, kita meninggalkan tahun 2013 dan memasuki tahun yang baru. Hari ini adalah hari terakhir di tahun 2013. Saat-saat seperti ini adalah baik jika kita sejenak merenungkan hidup kita masing-masing. Bagaimana kita menjalani hidup kita dan menghitung hari-hari kita? Dari Mazmur 90 ini, paling tidak ada dua hal penting yang dapat kita pelajari tentang hidup ini:

Yang pertama, kita perlu sadar bahwa hidup ini bukan seluruhnya kelancaran dan sukacita, melainkan juga berisi kesukaran dan penderitaan (90:9-10). Bacaan Alkitab kita hari ini, Mazmur 90, dikenal sebagai Mazmur Musa. Musa adalah seorang manusia yang hidup sangat dekat dengan Tuhan Allah. Tetapi kedekatannya dengan Tuhan tidak menyebabkan ia menyangkali bahwa hidup ini tidak bebas dari keluhan, kesukaran dan penderitaan. Meskipun sadar bahwa ia disertai Tuhan—demikian janji Tuhan kepadanya—tetapi Musa mau menerima kenyataan bahwa hidup ini banyak hal yang sukar (90:9). Hanya karena kasih setia Tuhan dan kemurahan Tuhan sajalah, ia mampu tetap bersyukur dan bersukacita menghadapi kenyataan hidup ini (90:14-17)

Yang kedua, sadar bahwa hidup ini tidak bebas dari kesukaran tidak seharusnya membuat kita berputus asa dalam hidup, tetapi tetap berpengharapan teguh. Musa dalam doanya, memohon kepada Tuhan agar diajar menghitung hari-hari hidupnya sehingga beroleh hati yang bijaksana. Musa tidak meminta otak yang berpengetahuan atau kesuksesan karier atau keuntungan yang besar saat menghitung hari, tetapi hati yang bijak sehingga bisa hidup berbijaksana. Padahal kalau kita melihat sejarah, Musa adalah salah satu manusia jenius yang paling besar di sepanjang sejarah. Dia manusia sukses di bidang militer, politik maupun sastra. Tetapi dalam doanya, ia meminta kepada Tuhan, minta diberikan hati yang berbijaksana bukan yang lain. Maukah kita menghitung hari-hari hidup kita seperti ini? [JS]

Mazmur 90:12
"Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian, hingga kami beroleh hati yang bijaksana."