GKY Sydney - Gereja Indonesia di Sydney yang Mulia dan Misioner

Gereja Kristus Yesus di Sydney AustraliaTransformational Church ~ Transforming people to transform the world (2 Kor 3:18)

Navigation

Menang Atas Pencobaan

Tuhan Yesus dibawa oleh Roh Kudus ke padang gurun. Di sana, Dia berpuasa dan dicobai. Hal itu berarti bahwa Allah mengizinkan Iblis mencobai Tuhan Yesus untuk memperlihatkan bahwa Tuhan Yesus layak disebut sebagai Anak yang Allah kasihi dan yang berkenan kepada Allah (Lukas 3:22). Bila Allah mengizinkan Tuhan Yesus dicobai, maka Allah juga dapat mengizinkan pencobaan terjadi dalam hidup kita. Dalam kaitan ini kita perlu mengerti bahwa Allah tidak mungkin mencobai siapapun (Yakobus 1:13), tetapi Allah mengizinkan terjadinya pencobaan dengan maksud menguji kemurnian iman kita (1 Petrus 1:7). Setiap orang dicobai oleh keinginan dirinya sendiri (Yakobus 1:14-15) atau oleh iblis.

Teladan Tuhan Yesus dalam menghadapi pencobaan itu mengajarkan tiga hal penting: Pertama, kita harus hidup dalam Roh dengan bergantung total kepada Allah dan taat melakukan firman. Walaupun Tuhan Yesus dalam kondisi lapar, namun penuh dengan Roh (Lukas 4:1-2). Hal ini kontras dengan kebanyakan orang yang "penuh"dengan hal-hal fisik dan kepuasan duniawi, tetapi "kosong"akan Roh Kudus. Kedua, kita harus menyembah hanya kepada Allah dengan sepenuh hati. Bila kita ingin memuliakan Allah dalam seluruh aspek hidup kita, kita harus berusaha melakukan kehendak Allah dan mengesampingkan segala keinginan atau tawaran yang bertentangan dengan firman-Nya. Ketiga, kita harus percaya akan kehadiran dan penyertaan Allah. Umat Israel di padang gurun gagal dalam menghadapi ujian iman karena mereka mempertanyakan penyertaan-Nya (Keluaran 17:1-7). Kita harus meyakini bahwa Allah hadir dan menyertai melalui Roh-Nya yang kudus. [ECW]

1 Petrus 1:7
"Maksud semuanya itu ialah untuk membuktikan kemurnian imanmu – yang jauh lebih tinggi nilainya dari pada emas yang fana, yang diuji kemurniannya dengan api – sehingga kamu memperoleh puji-pujian dan kemuliaan dan kehormatan pada hari Yesus Kristus menyatakan diri-Nya."