GKY Sydney - Gereja di Sydney yang Mulia dan Misioner

Gereja Kristus Yesus di Sydney AustraliaTransformational Church ~ Transforming people to transform the world (2 Kor 3:18)

Navigation

Memahami Makna Paskah

Tahukah Anda bahwa hari raya Paskah yang dirayakan orang Kristen berbeda dengan hari raya Paskah zaman Perjanjian Lama? Kata "Paskah" berasal dari kata Ibrani yang berarti "melewatkan". Hari raya Paskah zaman Perjanjian Lama adalah perayaan dilewatkannya bangsa Israel dari hukuman TUHAN yang berupa pembunuhan semua anak sulung orang Mesir serta semua anak sulung hewan milik orang Mesir.

Bangsa Israel merasa bahwa diri mereka lemah dan tidak berdaya menghadapi bangsa Mesir. Kondisi bangsa Israel yang dijajah bangsa Mesir serupa dengan kondisi manusia berdosa yang dijajah kuasa dosa. Sebagaimana bangsa Israel tidak berdaya melepaskan diri dari penjajahan Mesir dengan kekuatan sendiri, demikian pula manusia berdosa tidak mampu melepaskan diri dari kuasa dosa.

Saat Allah membunuh semua anak sulung orang Mesir, bangsa Israel harus menyembelih seekor anak domba jantan (atau kambing) yang tidak bercacat untuk setiap rumah tangga sebagai pengganti bagi anak sulung mereka. Daging anak domba itu dipotong dan dibagikan kepada setiap anggota keluarga untuk dibakar dan dimakan sampai habis, sedangkan darahnya diambil sedikit untuk dibubuhkan pada kedua tiang pintu dan ambang atas setiap rumah.

Daging dan darah anak domba adalah simbol dari daging dan darah Yesus Kristus yang dikorbankan di bukit Golgota, sehingga Paskah Perjanjian Lama adalah simbol dari perayaan Jumat Agung, yaitu peringatan akan kematian Yesus Kristus sebagai Anak Domba Allah yang mengangkut dosa dunia; sedangkan Paskah Perjanjian Baru adalah peringatan akan kebangkitan Yesus Kristus yang menunjuk kepada pengesahan Allah atas pengorbanan Yesus Kristus di kayu salib. [P]

Matius 26:26
Dan ketika mereka sedang makan, Yesus mengambil roti, mengucap berkat, memecah-mecahkannya lalu memberikannya kepada murid-murid-Nya dan berkata: "Ambillah, makanlah, inilah tubuh-Ku."