GKY Sydney - Gereja Indonesia di Sydney yang Mulia dan Misioner

Gereja Kristus Yesus di Sydney AustraliaTransformational Church ~ Transforming people to transform the world (2 Kor 3:18)

Navigation

Kesatuan dan Kesucian

Secara kebersamaan, orang percaya merupakan satu tubuh di dalam Kristus dengan karunia yang berbeda-beda. Secara pribadi, orang percaya harus hidup sebagai manusia baru yang menanggalkan cara hidup yang lama. Dalam Efesus 4-6, Paulus memberikan petunjuk praktis mengenai hal-hal yang harus dilakukan orang percaya setelah menerima segala kekayaan kasih karunia Allah. Bacaan Alkitab hari ini membahas dua hal: Pertama, orang percaya harus hidup dalam kesatuan (4:1-16). Kesatuan orang percaya digambarkan sebagai satu tubuh dengan Kristus sebagai Kepala dan masing-masing melakukan bagiannya sesuai dengan karunia yang Tuhan percayakan (4:7). Walaupun setiap anggota berbeda, semuanya harus bersatu dan bekerja sama. Oleh karena itu, diperlukan kerendahhatian, kelemahlembutan, kesabaran, kasih, dan pemeliharaan kesatuan Roh oleh ikatan damai sejahtera (4:2-3).

Kedua, orang percaya harus meninggalkan cara hidup orang-orang yang tidak mengenal Allah dan hidup dalam kesucian (4:17-5:17). Orang yang tidak mengenal Allah cenderung melakukan perbuatan dosa karena pikiran mereka dikuasai oleh dosa; sedangkan orang yang sudah diselamatkan harus hidup menjauhi dosa. Keselamatan dimulai dengan pertobatan yang menunjuk kepada perubahan hati. Orang percaya harus menanggalkan kehidupan lama yang penuh dosa dan mengenakan manusia baru yang sesuai dengan kehendak Allah. Orang percaya harus menanggalkan dusta, amarah, keinginan mencuri, perkataan kotor, dan kepahitan; serta mengenakan perkataan yang benar, kesediaan bekerja keras, perkataan yang membangun, keramahan, kasih mesra, dan pengampunan. Orang percaya harus hidup sebagai anak-anak terang yang hidup dengan kasih dan hidup dengan arif. [MS]

Efesus 4:1
"Sebab itu aku menasihatkan kamu, aku, orang yang dipenjarakan karena Tuhan, supaya hidupmu sebagai orang-orang yang telah dipanggil berpadanan dengan panggilan itu."