GKY Sydney - Gereja Indonesia di Sydney yang Mulia dan Misioner

Gereja Kristus Yesus di Sydney AustraliaTransformational Church ~ Transforming people to transform the world (2 Kor 3:18)

Navigation

Hubungan yang Harmonis

Orang percaya harus hidup secara harmonis dalam keluarga agar kehidupan orang percaya dapat menjadi teladan, baik bagi mereka yang masih lemah imannya maupun bagi mereka yang belum percaya kepada Tuhan Yesus. Kuasa Roh Kuduslah yang bisa membuat orang percaya dapat hidup dalam kebersamaan secara harmonis, baik dalam hubungan sebagai suami dan istri (5:22-23), orang tua dan anak (6:1-4), maupun majikan dan pegawai (6:5-9). Frasa "hendaklah kamu penuh dengan Roh,"(5:18) merupakan kunci bagi hubungan yang harmonis. Penuh dengan Roh berarti bahwa orang percaya harus dikuasai oleh Roh Kudus agar keharmonisan dapat terwujud. Tanpa campur tangan Roh Kudus, yang paling mungkin terjadi adalah perselisihan dan pertengkaran karena pada dasarnya roh itu penurut, tetapi daging lemah (bandingkan dengan Matius 26:41, Markus 14:38). "Penuh dengan Roh"berarti pula secara terus-menerus dikuasai oleh Roh di dalam akal, perasaan, dan kehendak kita. Ciri orang percaya yang dipenuhi dengan Roh adalah adanya sukacita (5:19), penuh pengucapan syukur (5:20), dan sikap merendahkan diri seorang akan yang lain (5:21).

Dunia kita saat ini dipenuhi oleh kekerasan, ketidakadilan, perselisihan, pertengkaran, pemberontakan, dan bahkan peperangan. Sama sekali tidak ada kasih dan keharmonisan! Apakah orang percaya masih memiliki kasih dan kehidupan yang harmonis sehingga kehidupannya berbeda dengan kebiasaan dunia ini? Firman Tuhan hari ini mengingatkan kita agar mengevaluasi kehidupan kita dan keluarga kita supaya kita dapat tetap menjaga agar keharmonisan tidak semakin hari semakin pudar. Biarlah kehidupan keluarga kita yang harmonis dapat menjadi teladan bagi mereka yang belum percaya, bahkan bagi sesama orang percaya juga. [MS]

Efesus 5:18
"Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh."