GKY Sydney - Gereja Indonesia di Sydney yang Mulia dan Misioner

Gereja Kristus Yesus di Sydney AustraliaTransformational Church ~ Transforming people to transform the world (2 Kor 3:18)

Navigation

Dibenarkan Hanya Oleh Iman

Keselamatan dalam Yesus Kristus merupakan anugerah Allah, yaitu bahwa manusia yang percaya kepada-Nya dibenarkan hanya oleh iman. Perbuatan berdasarkan Hukum Taurat tidak dapat menyelamatkan.

Bagi musuh Paulus, Hukum Taurat lebih tinggi nilainya dari Injil. Oleh karena itu, selain percaya kepada Kristus, orang yang mau diselamatkan harus menjalankan Hukum Taurat. Paulus menjelaskan bahwa orang berdosa dibenarkan di hadapan Allah bukan karena melakukan Hukum Taurat, melainkan karena beriman kepada Yesus Kristus (2:16, 3:11-13). Pembenaran ialah tindakan Allah yang menyatakan orang berdosa yang percaya sebagai orang yang benar di dalam Yesus Kristus. Pembenaran adalah tindakan, bukan proses, dan tindakan ini adalah tindakan Allah yang tidak didasarkan pada sifat atau perbuatan manusia. Dibenarkan oleh iman berarti bahwa orang berdosa yang percaya dinyatakan tidak bersalah dan dosa-dosanya tidak diingat lagi (Mazmur 32:1-2; Roma 4:1-8). Hukum Taurat diberikan agar manusia mengenal apa itu dosa, kemudian menyambut anugerah Allah. Manusia tidak mungkin dibenarkan karena melakukan Hukum Taurat yang menuntut kesempurnaan. Oleh karena itu, manusia membutuhkan anugerah Allah.

Keselamatan dalam Yesus Kristus adalah anugerah Allah. Oleh karena itu, untuk dapat diselamatkan, manusia tidak perlu menambah kasih Allah dengan usaha apa pun. Orang berdosa yang percaya kepada-Nya dibenarkan oleh iman, bukan karena melakukan perbuatan apa pun. Kebenaran oleh iman adalah sebuah kesempatan baru yang diberikan Allah kepada manusia yang mati dalam dosa untuk bisa hidup sebagai anak-anak-Nya! [MS]

Galatia 3:11
Dan bahwa tidak ada orang yang dibenarkan di hadapan Allah karena melakukan Hukum Taurat adalah jelas, karena: "Orang yang benar akan hidup oleh iman."