GKY Sydney - Gereja di Sydney yang Mulia dan Misioner

Gereja Kristus Yesus di Sydney AustraliaTransformational Church ~ Transforming people to transform the world (2 Kor 3:18)

Navigation

Bahaya Sinkretisme

Sinkretisme adalah paham atau gaya hidup yang mencampuradukkan satu agama dengan agama lain atau kepercayaan lain. Orang Kristen sering tidak sadar bahwa ia memiliki kepercayaan atau iman yang bercampur aduk dengan kepercayaan lain. Misalnya, di beberapa daerah Kristen di Indonesia, banyak orang Kristen yang masih menyembah berhala meskipun mereka juga beribadah di gereja. Contoh lain, ada orang Kristen yang masih menyimpan benda-benda pusaka karena menganggap benda-benda tersebut masih ada manfaatnya. Kedua contoh di atas menunjukkan bercampurnya iman Kristen dengan kepercayaan atau agama lain.

Saat Rasul Paulus menulis surat 1 Korintus, ada anggota jemaat Korintus yang beribadah kepada Tuhan Yesus, namun masih tetap mempercayai berbagai kepercayaan yang dipegang oleh masyarakat kota Korintus. Salah satu kepercayaan yang masih melekat kuat pada diri beberapa anggota jemaat adalah ikut makan saat berlangsungnya perayaan di kuil berhala di kota Korintus. Mereka meyakini kepercayaan masyarakat Korintus bahwa memakan makanan yang dipersembahkan kepada berhala akan mendatangkan manfaat bagi kesejahteraan mereka di masa kini maupun di masa yang akan datang. Makan bersama dengan pejabat atau petinggi dalam perayaan-perayaan itu dapat mendatangkan keuntungan ekonomi dan sosial. Akan tetapi, di balik acara makan-makan itu terdapat kepercayaan yang mendorong mereka untuk makan dan terjerumus dalam percabulan karena ada pelacuran bakti yang berlangsung sesudah acara makan. Kita harus berhati-hati dalam menghadapi filosofi ataupun kepercayaan lain agar kita tidak mengikuti hal-hal yang tidak sesuai dengan firman Tuhan. [WY]

Kolose 2:8
"Hati-hatilah supaya jangan ada yang menawan kamu dengan filsafatnya yang kosong dan palsu menurut ajaran turun-temurun dan roh-roh dunia, tetapi tidak menurut Kristus."