GKY Sydney - Gereja di Sydney yang Mulia dan Misioner

Gereja Kristus Yesus di Sydney AustraliaTransformational Church ~ Transforming people to transform the world (2 Kor 3:18)

Navigation

Undangan Hikmat dan Undangan Kebodohan

Hikmat dan kebodohan sama-sama mengundang orang yang tak berpengalaman, tetapi dengan tujuan yang berbeda. Hikmat membawa manusia kepada pengertian dan kehidupan, sedangkan kebodohan membawa manusia kepada dosa dan kematian.

Undangan hikmat (9:1-6) mengingatkan kita akan undangan Allah kepada manusia (Matius 22:1-14; Lukas 14:15-24). Undangan untuk makan dan minum juga mengingatkan kita kepada Tuhan Yesus yang menyebut diri-Nya sebagai "Roti Hidup" (Yohanes 6:48) dan yang menawarkan "Air Hidup" (Yohanes 4:11; 7:38). Undangan hikmat adalah undangan untuk hidup dalam takut akan Tuhan (Amsal 9:10) atau undangan untuk hidup sesuai dengan kehendak Tuhan.

Undangan kebodohan (9:13-18) adalah undangan untuk melakukan dosa dan mengabaikan hikmat Allah. Undangan kebodohan adalah undangan untuk melakukan hal-hal yang tidak pantas yang harus dilakukan secara sembunyi-sembunyi. Undangan kebodohan adalah undangan untuk memuaskan hawa nafsu dan berujung pada kematian.

Tanggapan kita terhadap kedua undangan di atas merupakan cermin dari tanggapan kita terhadap Allah. Orang yang berhikmat menghargai koreksi sedangkan orang yang bodoh menolak koreksi. Bila kita bersikap terbuka terhadap koreksi yang Allah kerjakan di dalam kehidupan kita, kita sedang mengikuti undangan hikmat. Akan tetapi, bila kita menutup diri terhadap koreksi yang Allah kerjakan di dalam kehidupan kita, kita sedang mengikuti undangan kebodohan. Menyambut undangan hikmat membuat kita terus bertumbuh secara rohani, sedangkan menyambut undangan kebodohan membuat kita tidak bertumbuh secara rohani. [P]

Amsal 9:5-6
"Marilah, makanlah rotiku, dan minumlah anggur yang telah kucampur; buanglah kebodohan, maka kamu akan hidup, dan ikutilah jalan pengertian."

Rekaman Khotbah Terbaru