GKY Sydney - Gereja di Sydney yang Mulia dan Misioner

Gereja Kristus Yesus di Sydney AustraliaTransformational Church ~ Transforming people to transform the world (2 Kor 3:18)

Navigation

Mengapa Bersyukur Kepada Tuhan?

Hidup yang bersyukur adalah salah satu tanda yang penting dalam hidup orang percaya

Dalam tradisi Yahudi Mazmur 136 disebut Mazmur Pujian Agung. Disebut demikian karena ke-26 ayat dari Mazmur ini berisi ajakan berulang-ulang untuk bersyukur kepada Tuhan karena kebaikan dan kasih setia-Nya. Mengapa Pemazmur bersyukur kepada Tuhan? Setiap ayat dari Mazmur ini berisi alasan mengapa umat Tuhan seharusnya bersyukur kepada Tuhan. Alasan-alasan itu dapat dikategorikan dalam tiga bagian. Pertama, pemazmur bersyukur karena kebaikan Tuhan yang nampak dalam ciptaan-Nya (136:4-9). Ini juga yang menjadi pengakuan percaya umat Tuhan sepanjang abad dalam Pengakuan Iman Rasuli : "Aku percaya kepada Allah, Bapa yang Mahakuasa, Khalik langit dan bumi." Kita mengaku bahwa Allah itu baik menciptakan langit dan bumi dan menaruh kita di dalamnya untuk menikmati ciptaannya yang baik itu. Alasan kedua, pemazmur bersyukur karena kebaikan Tuhan secara khusus kepada umat-Nya, yaitu membebaskan umat Israel dari perbudakan Mesir (136:10-24). Sejajar dengan hal ini, sudah seharusnya kita bersyukur kepada Tuhan karena Ia telah membebaskan kita dari perbudakan dosa melalui karya penebusan Yesus. Ketiga, pemazmur bersyukur karena kebaikan Tuhan kepada setiap orang (136:25). Tuhan Yesus berbicara juga tentang hal ini, saat Ia berkata, "... Bapamu yang di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar." (Matius 5:45)

Bersyukur kepada Tuhan adalah bagian yang penting dari ibadah kita kepada Tuhan. Biarlah hari ini kita mendengar dan meresponi dengan benar ajakan pemazmur yang berulang-ulang ini untuk hidup bersyukur kepada Tuhan atas kebaikan dan kasih setia-Nya. [JS]

Mazmur 136:1
"Bersyukurlah kepada TUHAN, sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya!"

Rekaman Khotbah Terbaru