GKY Sydney - Gereja di Sydney yang Mulia dan Misioner

Gereja Kristus Yesus di Sydney AustraliaTransformational Church ~ Transforming people to transform the world (2 Kor 3:18)

Navigation

Mengatasi Ketakutan

Ketakutan bisa merupakan anugerah, tetapi bisa pula menjadi masalah. Bila kerakutan membuat kita berlindung kepada Allah, ketakutan adalah anugerah. Akan tetapi, bila kita dikuasai oleh ketakutan sehingga kita berusaha melindungi diri kita secara berlebihan, ketakutan adalah masalah.

Ketakutan disebabkan karena kita tidak menguasai masa depan. Kita sama sekali tidak bisa mencegah apa yang akan terjadi dengan alam semesta ini. Kita tidak bisa mencegah terjadinya bencana alam seperti banjir atau gempa bumi. Bahkan, kita sama sekali tidak bisa mengendalikan apa yang akan terjadi di sekitar kita dan apa yang akan terjadi pada diri kita. Waktu kita berada di jalan raya, kita tidak bisa memastikan bahwa kita tidak akan ditabrak oleh pemabuk yang mengendarai kendaraannya secara ugal-ugalan. Walaupun kita menjaga kesehatan kita dengan sangat baik, kita tidak bisa memastikan bahwa kita tidak akan diserang oleh penyakit yang berbahaya.

Ketakutan hanya bisa diatasi oleh keyakinan bahwa Allah melindungi diri kita. Allah adalah Penguasa alam semesta ini sehingga bila kita berlindung pada Allah, kita tidak perlu takut terhadap terjadinya bencana alam. Allah adalah Pelindung dan Penyembuh kita sehingga tanpa izin Allah, tidak mungkin kita terkena penyakit yang membawa kepada kematian. Seberapa buruk pun situasi yang kita hadapi, kita akan aman bila kita berlindung pada Allah. Kesulitan kita dalam mengatasi ketakutan pada hakekatnya adalah kesulitan untuk mengalihkan pandangan dari memandang diri sendiri dan memandang masalah yang kita hadapi menjadi memandang Allah. Bila kita benar-benar berlindung pada Allah, tidak ada bahaya atau masalah yang terlalu besar untuk dihadapi. [P]

Mazmur 46:2-3
"Allah itu bagi kita tempat perlindungan dan kekuatan,sebagai penolong dalam kesesakan sangat terbukti.Sebab itu kita tidak akan takut,sekalipun bumi berubah,sekalipun gunung-gunung goncang di dalam laut."

Rekaman Khotbah Terbaru