GKY Sydney - Gereja di Sydney yang Mulia dan Misioner

Gereja Kristus Yesus di Sydney AustraliaTransformational Church ~ Transforming people to transform the world (2 Kor 3:18)

Navigation

Ketaatan

Taat artinya patuh terhadap perintah secara ikhlas. Sejak Allah memilih umat Israel, ada perintah-perintah dan peraturan-peraturan yang harus ditaati. Ketaatan adalah tanda umat yang kudus. Ketaatan membuktikan mereka sungguh-sungguh mengasihi Allah.

Umat Israel diperintahkan untuk membuat jumbai-jumbai pada punca baju mereka (15:37-41). Fungsi jumbai-jumbai itu ialah untuk mengingatkan umat Israel bahwa mereka harus menaati perintah-perintah Tuhan dan tidak boleh mengikuti kehendak sendiri. Ketaatan mereka harus dilakukan secara ikhlas. Hal ini hanya akan terjadi apabila mereka terus-menerus mengingat karya penyelamatan Tuhan, kebaikan Tuhan, dan pemeliharaan Tuhan. Tuhan yang membawa mereka keluar dari Mesir adalah Allah mereka. Ayat 41 mengingatkan mereka agar tidak lupa akan peristiwa Keluaran, saat umat Israel dibebaskan dari perbudakan di tanah Mesir. Mengingat karya penyelamatan Tuhan itulah yang akan menjadi pendorong yang kuat bagi ketaatan. Berbagai cara dilakukan Allah semata-mata agar umat Israel tetap hidup seturut dengan kehendak-Nya. Keluar dari kehendak Tuhan akan membuat hidup menjadi kacau.

Tuntutan Allah terhadap umat Israel sama dengan tuntutan terhadap umat percaya di zaman ini. Walaupun tidak ada simbol-simbol untuk mengingatkan kita, jelas bahwa kita harus tetap setia dan taat terhadap perintah-perintah Tuhan.

Ketaatan membutuhkan pengorbanan diri. Orang yang mau taat harus melepaskan segala keinginan diri sendiri dan dengar-dengaran akan Tuhan serta melakukan perintah-perintah Tuhan hari lepas hari. [LM]

Yohanes 14:15
"Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku."

Rekaman Khotbah Terbaru