GKY Sydney - Gereja di Sydney yang Mulia dan Misioner

Gereja Kristus Yesus di Sydney AustraliaTransformational Church ~ Transforming people to transform the world (2 Kor 3:18)

Navigation

Membangun Kerendahhatian

Kesulitan terbesar dalam melayani orang lain adalah bahwa diperlukan kerendahhatian untuk bisa menempatkan diri sebagai pelayan. Dalam menjalin relasi dengan Tuhan maupun dengan sesama, kita harus menempatkan diri sebagai hamba atau pelayan (2 Korintus 4:5; Matius 20:26-27). Banyak orang Kristen yang merasa senang bila disebut sebagai "hamba Tuhan", tetapi memberontak bila harus menempatkan diri sebagai pelayan atau bila diperlakukan sebagai pelayan. Apa yang dilakukan oleh Tuhan Yesus dalam bacaan hari ini merupakan teladan untuk kita ikuti (13:13-15), sekaligus merupakan teguran bagi keegoisan manusiawi yang cenderung untuk ingin dilayani.

Supaya kita bisa melayani sesama dengan sikap rendah hati, kita harus melayani dengan mata yang tertuju kepada Tuhan Yesus (Ibrani 12:2). Bila mata kita tertuju kepada orang-orang yang kita layani, kita hanya akan menyaksikan ketidaklayakan mereka untuk menerima pelayanan kita. Bila mata kita tertuju kepada Tuhan Yesus, kita akan melihat bahwa diri kita sendiri pun juga tidak layak untuk menerima kebaikan Tuhan, sehingga sudah sepantasnya bila kita merendahkan diri untuk melayani sesama guna membalas semua kebaikan Tuhan.

Saat Anda memikirkan hubungan dengan Tuhan, apa yang terlintas dalam pikirann Anda: Ketidaklayakan menerima anugerah Allah atau jasa-jasa yang telah Anda lakukan bagi Allah? Saat Anda dikritik oleh orang lain, apakah yang Anda lakukan: Anda menerima kritik itu dengan perasaan berterima kasih atau Anda merasa diri Anda hebat, lebih baik dari orang lain, sehingga Anda merasa kesal terhadap kritik tersebut? [P]

Efesus 4:2
Hendaklah kamu selalu rendah hati, lemah lembut, dan sabar. Tunjukkanlah kasihmu dalam hal saling membantu.

Rekaman Khotbah Terbaru