GKY Sydney - Gereja di Sydney yang Mulia dan Misioner

Gereja Kristus Yesus di Sydney AustraliaTransformational Church ~ Transforming people to transform the world (2 Kor 3:18)

Navigation

Belajar dari Pengalaman Masa Lalu

Mengapa kita perlu belajar dari pengalaman masa lalu? Pertama, kita perlu belajar dari pengalaman masa lalu agar kita tidak mengulang kesalahan yang sama. Dalam Perjanjian Lama, dosa yang paling dibenci Allah adalah penyembahan berhala dan percabulan (10:6-8). Kedua macam dosa itu memiliki akar yang sama, yaitu ketidaksetiaan, yang pertama terhadap Allah dan yang kedua terhadap suami atau isteri. Kedua, kita perlu belajar dari masa lampau agar kita memahami bahwa kita tidak mungkin bebas dari masalah. Setiap orang pasti memiliki masalahnya sendiri, tetapi semua masalah akan bisa diatasi bila kita bersandar kepada Allah (10:13a). Ketiga, kita perlu belajar dari masa lampau agar kita bisa meyakini bahwa Allah itu setia, sehingga Ia tidak mungkin mengabaikan kita serta pasti menyediakan jalan keluar bagi setiap masalah yang kita hadapi (10:13b).

Ada dua hal yang perlu kita lakukan agar kita bisa mempercayai kesetiaan Allah dalam memelihara kehidupan kita. Pertama, kita perlu belajar mengenal Allah dengan mengamati cara Allah memperlakukan umat-Nya pada masa lampau sebagaimana diuraikan dalam Alkitab. Jangan membaca kisah-kisah dalam Alkitab sebagai sekedar dongeng pengantar tidur, tetapi sebagai kisah nyata yang mengungkapkan siapakah Dia sebenarnya. Kedua, kita perlu menghayati bagaimana Allah bertindak dalam kehidupan kita sehari-hari pada masa lampau, baik saat kita menjalani pengalaman yang menyenangkan maupun yang menyesakkan. Akan sangat bermanfaat bila kita mencatat bagaimana Allah bertindak secara tidak terduga dalam kehidupan kita saat kita menemui jalan buntu. [P]

1 Korintus 10:11
Semuanya ini telah menimpa mereka sebagai contoh dan dituliskan untuk menjadi peringatan bagi kita yang hidup pada waktu, di mana zaman akhir telah tiba.

Rekaman Khotbah Terbaru