GKY Sydney - Gereja di Sydney yang Mulia dan Misioner

Gereja Kristus Yesus di Sydney AustraliaTransformational Church ~ Transforming people to transform the world (2 Kor 3:18)

Navigation

Peringatan dan Syarat dari Tuhan

Mengapa Tuhan harus memperbarui perjanjian dengan umat-Nya? Kekecewaan Tuhan kepada umat-Nya yang tidak taat tidak mengurangi kasih Tuhan. Itulah sebabnya, Tuhan bertindak memperbarui perjanjian dengan umat-Nya dengan disertai peringatan dan syarat tentang apa yang seharusnya dilakukan oleh umat-Nya. Peringatan itu diberikan agar umat-Nya hanya menyembah Tuhan saja sebagai Tuhan yang hidup dan berkuasa (81:9-11). Syarat yang ditetapkan Tuhan adalah umat Tuhan harus tetap melakukan perayaan yang sudah ditetapkan (81:5-6) serta setia mendengarkan Tuhan dan hidup menurut kehendak Tuhan (81:12, 14). Fungsinya untuk mengingatkan mereka akan perbuatan Tuhan kepada mereka. Bahkan mereka diingatkan kembali bahwa jika mereka taat melakukan semua ini, Tuhan sedia menundukkan musuh mereka (81:15-16) dan memberikan berkat yang terbaik atau berkelimpahan dalam hidup mereka (81:17). Kedegilan hati Israel terbukti hanya mendatangkan noda dan cela serta kehancuran. Pembaruan perjanjian seharusnya menjadi tanda bahwa Tuhan selalu mau menyertai umat-Nya.

Ketidaksetiaan kita kepada Tuhan tidak pernah mengurangi kesetiaan Tuhan kepada kita, umat-Nya. Buktinya, Tuhan terus memperbarui hati kita dan mau menerima pengakuan dosa kita setiap kali kita datang kepada-Nya. Peka dan terbuka kepada peringatan Tuhan akan membuat kita selalu dapat hidup berjalan seturut dengan kehendak-Nya. Mengikut Tuhan tidak menjadi berat jika kita melihat bahwa syarat yang ditetapkan-Nya penuh kasih karunia dan Tuhan sendiri menyertai saat kita menjalani syarat itu. Terpujilah Tuhan, sumber kekuatan kita! [FW]

Mazmur 51:12
Jadikanlah hatiku tahir, ya Allah, dan perbaharuilah batinku dengan roh yang teguh!

Rekaman Khotbah Terbaru