GKY Sydney - Gereja di Sydney yang Mulia dan Misioner

Gereja Kristus Yesus di Sydney AustraliaTransformational Church ~ Transforming people to transform the world (2 Kor 3:18)

Navigation

Pentingnya Pengakuan Dosa

Apakah mengaku dosa di hadapan Allah itu penting? Allah adalah Allah yang Mahatahu Di dalam kemahatahuan-Nya, Allah mengetahui segala dosa yang diperbuat manusia, sekalipun dilakukan di tempat tersembunyi. Jadi, sangat bodohlah manusia yang hendak menyembunyikan dosanya di hadapan Allah. Karena Allah sudah mengetahui semua dosa kita, pengakuan tidak boleh disamakan dengan pemberitahuan. Pengakuan dosa adalah ungkapan kesadaran bahwa kita berada di posisi yang salah. Allah sangat menginginkan pengakuan kita. Ketika Allah bertanya kepada Adam, "di manakah engkau?"(Kejadian 3:9), Allah sudah tahu di mana Adam bersembunyi. Oleh karena itu, pertanyaan itu dilontarkan bukan karena Allah ingin tahu, tetapi karena Allah ingin menunjukkan bahwa Adam berada di posisi yang salah. Dalam bacaan hari ini, Ezra mengaku dosa mewakili bangsa Israel. Melalui doa tersebut, Ezra mengakui bahwa bangsanya sedang berada di posisi yang salah. Ezra mengungkapkan bahwa dirinya malu dan mendapat cela (9:6) karena cinta kasih Allah selama masa pembuangan (9:8-9) ternyata dibalas oleh bangsa Israel dengan meninggalkan perintah Tuhan (9:10-11). Posisi yang salah itulah yang membuat Ezra berlutut di hadapan Tuhan untuk mengakui semua dosa bangsa Israel. Itulah makna dan pentingnya sebuah pengakuan dosa di hadapan Allah yang mahatahu.

Apakah kita bersikap serius setiap kali mengikuti pengakuan dosa di gereja? Ingatlah bahwa pengakuan dosa merupakan pengakuan bahwa kita berada di posisi yang salah di hadapan Allah. [RY]

1 Yohanes 1:8
Jika kita berkata, bahwa kita tidak berdosa, maka kita menipu diri kita sendiri dan kebenaran tidak ada di dalam kita.

Rekaman Khotbah Terbaru