GKY Sydney - Gereja di Sydney yang Mulia dan Misioner

Gereja Kristus Yesus di Sydney AustraliaTransformational Church ~ Transforming people to transform the world (2 Kor 3:18)

Navigation

Yoab

Siapakah Yoab? Apa perannya dalam pemerintahan Daud? Sebagai raja, Daud memiliki banyak pegawai dengan kualitas kesetiaan yang tidak perlu diragukan, termasuk Yoab ( 8:15-18). Yoab adalah anak Zeruya, kakak perempuan Daud (2 Samuel 2:12-17). Ialah panglima perang Daud yang sering berperang di garis depan seperti dalam pasal 10 ini. Kerendah-hatiannya nampak saat ia memberikan penghormatan kepada Daud, walaupun sebenarnya ialah yang memenangkan pertempuran untuk menaklukkan kota Raba-Amon (12:26-31). Ialah yang mendamaikan Daud dan Absalom (14:23, 31-33). Dia pula yang mencegah Daud menghitung rakyat Israel (24:2-4). Walaupun memiliki banyak kebaikan, Yoab juga melakukan banyak hal yang tidak terpuji, termasuk membunuh Abner, mantan panglima Saul yang membelot ke kubu Daud. Yoab membunuh Abner yang telah membunuh Asael, adik Yoab (2:23; 3:27). Ia juga mendukung rencana busuk Daud untuk melenyapkan Uria, suami Batsyeba (11:6-26). Di akhir karirnya, ia mulai tidak setia kepada Daud dengan tidak mendukung Salomo yang dipilih Daud untuk menggantikannya, melainkan mendukung Adonia menjadi raja (1 Raja 1:5-53). Pada akhirnya, dia dibunuh oleh Benaya atas izin Salomo (1 Raja 2:34). Jadi, konsistensi dan kesetiaan melayani harus dipelihara dengan hati yang benar.

Kisah hidup Yoab menyatakan bahwa seorang panglima perang yang hebat seperti Yoab pun adalah manusia biasa yang memiliki kelemahan dan keterbatasan. Adalah penting untuk bisa bersikap konsisten dan setia dalam mengiringi dan melayani Tuhan. Peliharalah hati yang benar dalam melayani Tuhan agar kita tidak gampang berubah! [FW]

Mazmur 119:10
Dengan segenap hatiku aku mencari Engkau, janganlah biarkan aku menyimpang dari perintah-perintah-Mu.

Rekaman Khotbah Terbaru