GKY Sydney - Gereja di Sydney yang Mulia dan Misioner

Gereja Kristus Yesus di Sydney AustraliaTransformational Church ~ Transforming people to transform the world (2 Kor 3:18)

Navigation

Sola Fide

Mengapa generasi bangsa Israel yang keluar dari Tanah Mesir tidak diizinkan untuk memasuki Tanah Perjanjian? Penolakan tersebut amat disayangkan. Betapa tidak, mereka sudah melalui kesulitan demi kesulitan, bukan tanpa jerih payah, dan semua itu hanya akan berakhir di padang gurun. Jerih payah mereka dapat kita kategorikan sebagai pekerjaan yang sia-sia. Tuhan yang membawa mereka keluar dari tanah Mesir akhirnya tidak mengizinkan mereka memasuki tanah Perjanjian. Alkitab mencatat bahwa TUHAN murka ketika mendengar mereka menggerutu, padahal mereka telah sering melihat bagaimana TUHAN membuat mujizat untuk memelihara kehidupan mereka. Mereka tidak diizinkan memasuki tanah Perjanjian karena mereka melakukan perbuatan-perbuatan yang lahir dari ketidakpercayaan kepada TUHAN. Ketidakpercayaan bangsa Israel itu dicatat dalam Ulangan 1:32 "Tetapi walaupun demikian, kamu tidak percaya kepada TUHAN, Allahmu."

Alkitab berkata bahwa tanpa iman tidak mungkin orang berkenan kepada Allah (Ibrani 11:6). Walaupun perbuatan kita dipuji-puji oleh banyak orang atau kita memiliki prestasi yang sangat luar biasa bagi kemanusiaan, tetapi kita hanya bisa berkenan kepada Allah bila kita beriman kepada-Nya (Prinsip ini dikenal dengan sebutan sola fide, yang artinya "hanya karena iman"). Beriman bukan hanya berarti bahwa saya percaya bahwa Allah itu benar-benar ada, tetapi juga berarti bahwa saya mau mempercayakan segenap kehidupan saya kepada-Nya. Iman seperti ini akan melahirkan perbuatan-perbuatan yang berkenan kepada Allah! [RAAL]

Ibrani 11:6
Tetapi tanpa iman tidak mungkin orang berkenan kepada Allah. Sebab barangsiapa berpaling kepada Allah, ia harus percaya bahwa Allah ada, dan bahwa Allah memberi upah kepada orang yang sungguh-sungguh mencari Dia.

Rekaman Khotbah Terbaru