GKY Sydney - Gereja di Sydney yang Mulia dan Misioner

Gereja Kristus Yesus di Sydney AustraliaTransformational Church ~ Transforming people to transform the world (2 Kor 3:18)

Navigation

Sola Fide

Apakah yang dimaksud dengan doktrin pembenaran oleh iman? Doktrin ini mengajarkan bahwa satu-satunya cara agar manusia berdosa bisa dibenarkan oleh Allah adalah bila dia beriman kepada pengorbanan Tuhan Yesus di kayu salib. Pada masa Perjanjian Baru, tantangan terbesar terhadap doktrin ini berasal dari keyakinan orang Yahudi bahwa seseorang

hanya bisa dibenarkan di hadapan Allah bila dia sanggup menaati semua tuntutan hukum Taurat. Akan tetapi, setiap orang yang jujur menilai dirinya sendiri akan menyadari bahwa tidak mungkin seseorang bisa secara sempurna memenuhi seluruh tuntutan kesucian Allah. Karena Allah mengasihi manusia berdosa, maka Allah mengutus Anak-Nya sendiri, Yesus Kristus, untuk memenuhi seluruh tuntutan kesucian Allah dengan mati di kayu salib. Percaya kepada apa yang sudah dikerjakan oleh Tuhan Yesus ini merupakan satu-satunya cara bagi kita untuk memperoleh keselamatan. Doktrin pembenaran hanya oleh iman ini merupakan salah satu pokok terpenting dalam reformasi yang dikenal sebagai sola fide.

Pada masa kini, masih ada orang-orang Kristen yang membuat tuntutan-tuntutan (hukum Taurat) baru yang dianggap sebagai patokan bagi seseorang untuk bisa dibenarkan di hadapan Allah. Misalnya, ada orang yang menganggap bahwa seseorang yang masih merokok tidak mungkin masuk ke surga. Memang, seorang Kristen yang sungguh-sungguh mengasihi Tuhan akan menjauhi rokok yang dapat membahayakan kesehatan tubuhnya. Akan tetapi, menjadikan hal merokok sebagai patokan bagi seseorang untuk bisa masuk ke surga sama dengan mengakui pembenaran oleh perbuatan dan menyangkali keyakinan reformasi. [P]

Roma 3:20
Sebab tidak seorang pun yang dapat dibenarkan di hadapan Allah oleh karena melakukan hukum Taurat, karena justru oleh hukum Taurat orang mengenal dosa.

Rekaman Khotbah Terbaru