GKY Sydney - Gereja di Sydney yang Mulia dan Misioner

Gereja Kristus Yesus di Sydney AustraliaTransformational Church ~ Transforming people to transform the world (2 Kor 3:18)

Navigation

Sikap terhadap Pemimpin

Mengapa Tuhan begitu murka kepada Korah, Datan, dan Abiram serta orang-orang yang mengikuti mereka untuk memberontak melawan Musa? Pemimpin tertinggi umat Israel yang sesungguhnya adalah Tuhan Allah sendiri. Musa adalah pemimpin yang dipilih Allah untuk mewakili Dia dalam memimpin umat Israel. Musa tidak menjalankan kebijaksanaannya sendiri melainkan kebijaksanaan Allah. Pemberontakan terhadap kepemimpinan Musa berarti pemberontakan terhadap kepemimpinan Allah sendiri. Oleh karena itu, tak mengherankan bila pemberontakan terhadap Musa mengakibatkan timbulnya murka Allah yang dahsyat.

Alkitab menjelaskan sikap tunduk terhadap pemimpin ini berlaku secara umum, termasuk ketundukan rakyat terhadap pemerintah (Roma 13:1-6), istri terhadap suami (Efesus 5:22), anak terhadap orang tua (Efesus 6:1), dan umat Tuhan terhadap para pemimpin rohani (Ibrani 13:17). Perhatikan bahwa pemerintah yang harus ditaati dalam Roma 13 adalah pemerintah penjajah Romawi dan suami yang harus ditaati istri mencakup suami yang belum mengenal Tuhan (1 Petrus 3:1). Waspadalah terhadap berkembangnya paham demokrasi ekstrim yang beranggapan bahwa pemimpin hanyalah pemegang mandat yang diberikan oleh rakyat, sehingga pemimpin yang tidak memenuhi selera rakyat bisa diturunkan melalui aksi massa. Ingatlah bahwa ketundukan terhadap pemimpin merupakan kehendak Tuhan. Di satu sisi, ketundukan terhadap pemimpin merupakan wujud ketundukan kita kepada Tuhan. Di sisi lain, setiap pemimpin harus sadar bahwa mandat kepemimpinan yang diberikan Allah harus dipertanggungjawabkan kepada Allah. [P]

Ibrani 13:17a
Taatilah pemimpin-pemimpinmu dan tunduklah kepada mereka.

Rekaman Khotbah Terbaru