GKY Sydney - Gereja di Sydney yang Mulia dan Misioner

Gereja Kristus Yesus di Sydney AustraliaTransformational Church ~ Transforming people to transform the world (2 Kor 3:18)

Navigation

Menanggapi Panggilan Tuhan

Apakah panggilan Tuhan sebagaimana yang dilakukan terhadap Samuel (3:1-21) merupakan cara yang lazim dilakukan Tuhan pada masa kini? Kondisi pada zaman Samuel berbeda dengan saat ini. Saat itu, belum ada Alkitab yang mengungkapkan seluruh kehendak Allah secara lengkap. Pada masa itu, umumnya Allah menyatakan kehendak-Nya secara langsung melalui mimpi atau penglihatan atau melalui pelayanan para nabi. Sedangkan saat ini, kita bisa menemukan seluruh kehendak Allah secara umum dalam Alkitab. Kehendak Allah yang khusus dalam setiap situasi dan kondisi tak mungkin bertentangan dengan prinsip-prinsip umum tentang kehendak Allah yang bisa kita temukan dalam Alkitab. Oleh karena itu, pada masa kini, Allah memanggil umat-Nya terutama dengan memakai Firman-Nya yang telah tertulis dalam Alkitab. Bila kita ingin memahami panggilan Tuhan terhadap diri kita, kita harus membaca, mendengar, mempelajari, dan merenungkan Firman Tuhan. Yang penting, kita perlu menyambut panggilan Tuhan dengan menyatakan kesediaan untuk taat dan berkata seperti Samuel, "Berbicaralah, sebab hamba-Mu ini mendengar." (3:10; bandingkan dengan Yohanes 7:17).

Walaupun pada masa kini ada banyak orang yang mengatakan bahwa mereka menerima panggilan Tuhan dengan cara yang menakjubkan, kebenaran panggilan tersebut harus diuji melalui Firman Tuhan. Kita harus selalu ingat bahwa panggilan Tuhan tidak mungkin bertentangan dengan kehendak-Nya yang telah tertuang di dalam Alkitab. Kita juga harus menyadari bahwa di dalam Alkitab terdapat panggilan Allah yang berlaku umum bagi setiap orang percaya. [P]

1 Samuel 3:10
Lalu datanglah TUHAN, berdiri di sana dan memanggil seperti yang sudah-sudah: "Samuel! Samuel!
Dan Samuel menjawab:

Rekaman Khotbah Terbaru