GKY Sydney - Gereja di Sydney yang Mulia dan Misioner

Gereja Kristus Yesus di Sydney AustraliaTransformational Church ~ Transforming people to transform the world (2 Kor 3:18)

Navigation

Jangan Tertipu oleh Penampilan Luar

Mengapa Samuel tidak memiliki kepekaan untuk langsung mengenali orang yang hendak dipilih Tuhan untuk menjadi raja Israel menggantikan Saul (6)? Karena Samuel tergesa-gesa menyimpulkan hanya dengan melihat penampilan luar, sedangkan kriteria utama di mata Tuhan adalah menyangkut masalah hati (7). Saat pemilihan raja Israel yang pertama, Allah memberikan seorang raja yang sesuai dengan kriteria manusiawi, yaitu seorang yang gagah secara fisik (10:23-24). Kenyataan membuktikan bahwa kriteria manusiawi semacam ini tidak cocok untuk menjadi standar pemilihan pemimpin bagi umat Tuhan. Kegagalan Saul untuk menjadi pemimpin umat Tuhan yang baik seharusnya menyadarkan bangsa Israel bahwa mereka tidak boleh meniru kebiasaan di kalangan bangsa kafir. Pada penentuan raja Israel yang kedua, Allah tidak lagi memakai kriteria manusiawi, melainkan kriteria Ilahi, yaitu kriteria hati.

Saat memilih orang, baik untuk menduduki posisi kepemimpinan, menjadi pegawai, maupun menjadi pasangan hidup, umumnya yang menjadi kriteria utama adalah penampilan luar. Kriteria penampilan luar ini amat berbahaya karena kelakuan seseorang ditentukan oleh isi hatinya, bukan oleh penampilannya. Tak jarang kita mendengar tentang adanya orang berpenampilan rapi dan meyakinkan yang sebenarnya adalah penipu ulung. Tak jarang kita mendengar tentang aktor tampan atau aktris cantik yang kehidupan pribadi dan keluarganya berantakan. Sebelum menetapkan pilihan menyangkut pribadi manusia, kita perlu menyediakan waktu untuk mengenal hati orang itu, bukan hanya melihat penampilan luar. Ingatlah: Penampilan luar bisa menipu! [P]

1 Samuel 16:7b
Janganlah pandang parasnya atau perawakan yang tinggi, sebab Aku telah menolaknya. Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah; manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi TUHAN melihat hati.

Rekaman Khotbah Terbaru