GKY Sydney - Gereja di Sydney yang Mulia dan Misioner

Gereja Kristus Yesus di Sydney AustraliaTransformational Church ~ Transforming people to transform the world (2 Kor 3:18)

Navigation

Bila Panas Hati Tak Bisa Dikuasai

Mengapa Daud sering merasa kesal terhadap Yoab, panglima pasukannya yang hebat dan amat setia? Daud sering merasa kesal karena ia tidak bisa menerima sifat Yoab yang cepat panas hati bila menemui hal-hal yang tidak disukai. Tiga kali Yoab menentang Daud dalam hal pembunuhan yang dilakukan Yoab terhadap Abner (pasal 3), Absalom (pasal 18 ), dan Amasa (pasal 20). Ketiga pembunuhan itu dilakukan karena Yoab tidak bisa menguasai hatinya yang panas. Hati Yoab panas terhadap Abner karena Abner telah membunuh Asael, adik Yoab (pasal 2). Hati Yoab panas terhadap Absalom karena Absalom memberontak terhadap Daud, ayahnya sendiri. Hati Yoab panas terhadap Amasa karena Daud merencanakan untuk mengangkat Amasa, mantan panglima Absalom, untuk menjadi panglima menggantikan Yoab (19:13). Walaupun ketiga pembunuhan yang dilakukan oleh Yoab itu beralasan, seharusnya Yoab harus tetap menaati Daud.

Bila kita tidak bisa menguasai diri saat hati kita panas, kita bisa melakukan kesalahan-kesalahan yang fatal yang amat merugikan diri kita sendiri. Panas hati bisa mendorong seseorang untuk membalas, berkelahi, berlaku curang, bahkan membunuh dengan kejam. Bila hal semacam itu terjadi, akibatnya bisa fatal! Panas hati bisa mengakibatkan tercemarnya kesaksian kristiani, rusaknya sebuah persahabatan, hilangnya pekerjaan seseorang, bahkan bisa membuat seseorang mendekam di penjara. Setiap orang beriman harus bisa mengendalikan rasa panas hati. Kunci untuk bisa mengendalikan panas hati adalah kesediaan untuk mengampuni. Pandanglah kepada Tuhan Yesus yang telah lebih dulu mengampuni kita! [P]

Kejadian 4:6b-7
Mengapa hatimu panas dan mukamu muram? Apakah mukamu tidak akan berseri, jika engkau berbuat baik? Tetapi jika engkau tidak berbuat baik, dosa sudah mengintip di depan pintu; ia sangat menggoda engkau, tetapi engkau harus berkuasa atasnya.

Rekaman Khotbah Terbaru