GKY Sydney - Gereja di Sydney yang Mulia dan Misioner

Gereja Kristus Yesus di Sydney AustraliaTransformational Church ~ Transforming people to transform the world (2 Kor 3:18)

Navigation

Hikmat Sejati

Hikmat manusia melampaui ketrampilan binatang. Pada pasal ini, Ayub berbicara mengenai hikmat dalam bentuk syair yang indah. Penulis mengagumi kepandaian penambang batu (28:1-6) yang melampaui kehebatan binatang (28:7-8). Ketajaman dan kejelian mata burung elang dan keberanian singa tidak sehebat ketrampilan buruh tambang yang dapat menemukan batu berharga di tempat yang sangat dalam. Penulis juga memuji kehebatan manusia menundukkan gunung batu, menggali terowongan dan sungai-sungai. Di seluruh bumi, ketrampilan manusia patut dihargai (ay. 9-11). Semua syair yang indah itu disusul dengan satu pertanyaan, "Tetapi di mana hikmat dapat diperoleh, di mana tempat akal budi?" (ay. 12)

Hikmat ilahi melampaui hikmat manusiawi. Hikmat ilahi bukan hasil ketrampilan teknologi. Hikmat ilahi tidak dapat dibeli atau ditukar (28:13-15). Sesungguhnya panca indra manusia tidak akan sanggup menyelami semua yang terjadi di dunia ini. Hanya dengan hikmat ilahi kita dapat memahami itu semua. Hikmat sejati hanya ada pada Allah. Dialah satu-satunya sumber hikmat. Hikmat sejati dimulai oleh persekutuan dengan Allah. [LS]

Mazmur 37:30
"Mulut orang benar mengucapkan hikmat dan lidahnya mengatakan hukum."

Rekaman Khotbah Terbaru