GKY Sydney - Gereja Indonesia di Sydney yang Mulia dan Misioner

Gereja Kristus Yesus di Sydney AustraliaTransformational Church ~ Transforming people to transform the world (2 Kor 3:18)

Navigation

Rekomitmen

Di akhir masa kepemimpinannya, Yosua mengajak bang- sa Israel untuk melakukan recommitment (komitmen ulang). Ia menantang bangsanya untuk memilih antara ber-

ibadah kepada TUHAN atau beribadah kepada allah orang Mesir atau orang Amori. Komitmen ulang merupakan mo- men yang sangat penting bagi bangsa Israel karena mereka telah memasuki tanah Kanaan (yang berlimpah susu dan madu) dan telah menerima bagian mereka. Keamanan, ke- tentraman, dan kemakmuran yang telah mereka dapatkan bisa membuai mereka dan membuat hati mereka berbalik dari TUHAN.

Yosua bukan hanya menghadapkan bangsanya kepada pilihan, tetapi dia memberikan teladan kepada mereka bah- wa ia dan seisi rumahnya telah mengulang komitmen untuk beribadah kepada TUHAN saja (24:15b). Andaikata orang Israel memilih untuk menyembah allah orang Mesir dan allah orang Amori pun, Yosua tidak bergeser sedikit pun dari kepercayaannya kepada TUHAN, sebab ia telah mengalami TUHAN yang hidup yang memimpin, menuntun, dan bekerja di dalam diri serta bangsanya.

Komitmen ulang diperlukan untuk kembali meneguhkan iman kepada TUHAN. Komitmen ulang seperti sebuah rest area untuk beristirahat sejenak dari penatnya jalan kehi- dupan dan kembali mendapatkan kekuatan untuk melanjut- kan perjalanan. Ambil waktu sejenak saat ini untuk melaku- kan komitmen ulang diri Anda kepada TUHAN, maka TUHAN akan mengaruniakan kekuatan kepada Anda dalam men- jalani hidup yang penuh tantangan. [SL]

Yosua 24:14

“Oleh sebab itu, takutlah akan TUHAN dan beribadahlah kepada- Nya dengan tulus ikhlas dan setia. Jauhkanlah allah yang kepadanya nenek moyangmu telah beribadah di seberang sungai Efrat dan di Mesir, dan beribadahlah kepada TUHAN.”